Kamis, 18 November 2010

Tahapan Service Ringan Motor


Pemeriksaan, Penggantian / Penambahan* PelumasSeperti biasa, memeriksa apakah pelumas mesin masih baik atau tidak jika sudah kurang baik sebaiknya diganti dan bila kurang (dibaca:kurang dari takaran) tinggal ditambahkan lagi tapi harus diingat untuk mengganti dengan minyak pelumas yang sama dengan minyak pelumas yang sebelumnya. Ini dimaksudkan agar minyak pelumas tidak bereaksi dengan minyak pelumas yang lain.

Dalam pemilihan minyak pelumas haruslah disesuaikan dengan karakteristik mesin yang digunakan. Hal ini akan merawat mesin agar tetap baik selain itu juga dapat menghemat pengeluaran untuk minyak pelumas. Perlu diketahui jika mesin motor yang digunakan hanya untuk pergi kantor atau pergi sekolah yang tidak memerlukan kerja keras dari mesin maka pelumas yang dibutuhkan tidak perlu menggunakan pelumas sinthetic, selain pelumasnya mahal dimesin pun kurang effektif. “bagaikan membunuh nyamuk dengan nuklir” kurang effektif. Akan tetapi jika mesin yang digunakan untuk balap atau untuk jarak yang jauh atau mesin bekerja dengan keras maka oli sinthetic cukup tepat.

Selain itu, orang kadang memakai minyak pelumas dengan SAE dengan seri W atau winter untuk penggunaan minyak pelumas tersebut pada negara 4 musim memang baik akan tetapi jika digunakan di negara tropis minyak pelumas tersebut tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Akan lebih baik jika dengan menggunakan minyak pelumas yang biasa karena minyak pelumas yang tanpa seri W sudah cukup untuk negara yang berada dikawasan tropis.

Pemeriksaan Saringan Oli
type sport, menyatu dengan tutup pembuangan oli

type bebek, dilakukan dengan membuka right crankcase

bersihkan saringan Oli karena jika saringan tidak bersih, mengakibatkan pelumasan tidak sempurna. Ini dapat mengakibatkan adanya gesekan pada mesin yang membuat mesin menjadi cepat manas dan dapat mengakibatkan aus. Jika mesin aus mengakibatkan mesin bias rusak. Dan mengakibatkan kita harus mengganti, duit keluar lagi dah…. Buset…!!!

Pemeriksaan / Penyetelan KoplingSport
Atur jarak bebas 10 – 20 mm

CUB

Pemeriksaan / Penyetelan Renggang KlepPelatuk klep harus bebas biasanya jarak clearance bebas untuk motor bebebk adalah 0.05 mm
Piston berada pada posisi TMA pada langkah kompresi
Pemeriksaan dilakukan dalam kondisi mesin dingin

CARA PENYETELAN KERENGGANGAN KATUP
longgarkan mur pengikat
longgarkan mur penyetel
masukkan fuller gauge
setel mur penyetel
kencangkan mur pengikat

Pembersihan / Penyetelan KarburatorBersihkan karburator dari kotoran dengan membongkarnya dan memberihkan dengan sikat atau kuas. Periksa setiap lubang main jet maupun pilot jet bila tersumbat bersihkan dengan compressor.

Pemeriksaan saluran bahan bakarPeriksa semua selang atau pipa yang mengalirkan bahan bakar, bersihkan dengan kompresor biar kotoran dapat keluar.

Pemeriksaan / Pembersihan BusiPeriksa jarak kerenggangan pengapian pada busi, biasanya pada bebek 0.6 – 0.7 mm dan pada motor sport 0.8 – 0.9 mm

Pembersihan Saluran UdaraBersihkan saluran udara denagn menggunakan kompresor. Saluran udara merupakan pemisah kotoran sehingga udara yang masuk dalam karburator dan ruang bakar benar – benar udara bersih.

Pemeriksaan / Pelumasan Rantai RodaBersihkan rantai roda dari kotoran menggunakan minyak pembersih atau parafin dan segera keringkan.
Bersihkan rantai dengan O Ring menggunakan deterjent, keringkan
Lumasi dengan minyak pelumas SAE 80 atau 90

Atur jarak kerenggangan rantai motor sesuai petunjuk OEM

Pemeriksaan / Penyetelan Rem
Periksa jarak kerenggangan atau jarak bebas tuas rem depan dan rem belakang.

Rem TromolPeriksa keausan rem tromol
Periksa tromol rem terhadap keretakan / kerusakan

Rem Cakrampemeriksaan adanya udara dalam sistim rem

Periksa keausan pada pad

Pemeriksaan / Penambahan Tekanan Angin

Biasa pada roda depan 25 psi dan roda belakang 30 psi

Pemeriksaan Suspensi Depan & Belakang

Pemeriksaan Lampu & Klakson

Pemeriksaan / Penambahan Air Aki
Tambahkan cairan battery untuk setiap sel sampai batas yang ditentukan

Perawatan terminal batteray

Pemeriksaan / Penyetelan Switch Rem
Penyetelan switch lampu rem belakang

Pemeriksaan Air RadiatorPada kendaraan sport periksa air radiator agar dapat bekerja maksimal dalam mendinginkan mesin waktu berkendara

Pemeriksaan / Penambahan Minyak RemPutar handle bar sampai mimyak rem pada posisi mendatar
Buka cover & diafragmanya letakkan pada tempat yang aman.
Lindungi bagian yang kemungkinan terkena minyak rem dengan kain lap.
Siapkan air untuk mengantisipasi jika ada yang terkena minyak rem.

Pemeriksaan / Penyetelan Putaran Gas TanganUntuk pengaturan dan penyetelan gas tangan bisa disesuaikan dengan keinginan

Pemeriksaan Pergerakan Bebas Stang KemudiPeriksa kebebasan gerak stang kemudi agar dalam berkendara saat membelok denga nyaman.

Pemeriksaan / Pengencangan Mur & BautSebagai kenyamanan dalam berkendara akan lebih baik jika baut dan mur dikencangkan sesuai dengan fungsinya.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar