Kamis, 18 November 2010

TIPS TURING ZERO ACCIDENT

Sedikit berkaca dari turing yang dilakukan Honda melalui event Smart Revolution Jouney (SRJ). Event turing yang memakai Revo Techno AT dengan rute Jakarta-Bali dilaksanakan dengan catatan zero accident alias tanpa kecelakaan. Wuihh..., salut, Bro!

Dengan sepuluh rider, mereka mampu menyelesaikan turing yang menempuh jarak sekitar 1.700 km itu. Tetapi apa yang membuatnya tidak sentuh angka kecelakaan ya? Coba kita intip! Setidaknya, langkah ini bisa menjadi panduan bagi sobat bikers yang juga ingin melakukan turing serupa bersama teman-teman klub atau ketika hendak pulkam saat mudik Lebaran tiba nanti.

“Intinya kekompakan, meski kita berbeda klub. Sebelum mulai perjalanan turing, kita sudah berkomitmen untuk menghindari hal yang tidak diinginkan nantinya,” ungkap Adam Nugroho salah satu rider SRJ dari Honda Revo Club.

Salah satu bentuk komitmen yang mereka lakukan adalah disiplin. Mereka pun menjaga displin menjadi dua bagian. Disiplin diri dan juga disiplin acara. Bicara disiplin diri dulu ya!

“Kita coba untuk berkomitmen bahwa setiap waktu yang dilalui itu sangat berharga. Makanya kami gunakan waktu istirahat, ya untuk istirahat,” ujar Adam yang sebelum SRJ hanya melakukan turing terjauh ke Solo, Jawa Tengah aja.

Selain memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, mereka juga tidak ingin memaksakan diri. Ya! Misalnya dalam kondisi fisik yang tidak memadai untuk lakukan turing, maka mereka pun mengakui kondisi kesehatannya kepada kordinator turing atau teman-teman rider lain. Artinya, kalau sakit ya bilang sakit tuh. Mawas diri!

“Kalau tidak sehat tetapi dipaksakan, ya jelas berbahaya. Selain berbahaya bagi diri sendiri, juga orang sekitar,” tambah Toni dari Honda Supra Jakarta. Maklum! Faktor kecelakaan di jalan itu bisa disebabkan dari diri sendiri atau bisa juga dari lingkungan.

Oh ya, tidak hanya kapten atau sweeper aja yang terus memantau kondisi rombongan. “Setiap rider juga berperan memberitahu kondisi rider di sebelah atau depan-belakang jika ada sesuatu yang diluar kebiasaan,” tutup Adam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar