Selasa, 10 Desember 2013

Cegah Karat Knalpot Standar, Jangan Tunggu Sampai Permukaannya Bolong



Jangan diamkan karat lama bersarang
Salah satu penyebab suara knalpot makin berisik dan muncul gejala nembak-nembak, bisa dikarenakan ada kebocoran pada saluran gas buang.
Kalau sumber kebocoran asalnya dari paking yang sudah memble, ya buruan ganti paking baru deh biar suara kanlpot adem lagi dan enggak nembak. Tetapi kalau kebocorannya lantaran knalpot karatan, piye bro?
Meski rajin cuci plus lap motor, tidak menjamin beberapa bagian motor bebas dari serangan karat lho. Nah, knalpot itu merupakan salah satu komponen yang paling rentan digerogoti.
Coba deh sekarang tengok leher knalpot standar motor kesayangan ente. Terutama yang jam terbangnya sudah tinggi alias sudah lama pakai. Pasti terlihat berwarna merah kecokelatan. Itu tandanya mulai terserang karat bro. Sebaiknya segera diantisipasi sebelum karatnya makin parah dan akhirnya bikin knalpot bolong.
Singkirkan dulu karat yang ada di permukaan pakai ampelas
Saking menjangkitnya virus karat, Agus Mutoif, salah satu spesialis knalpot di kawasan Depok Timur, Depok, Jawa Barat mengaku sehari bisa terima pasien betulin knalpot karat hingga 10 unit. “Paling sepi 5 knalpot. Kebanyakan knalpot standar bebek dan skuter matik,” tutur punggawa Braling Knalpot ini.  
Rata-rata menurut Ai, sapaan karibnya, karat kerap menyerang di pada bagian leher dan pipa knalpot. Terutama bagian bawah dan sebelah dalam dekat mesin. “Di balik pegangan knalpot juga sering saya temui bolong. Karena posisi ini pasti lepas dari pengontrolan karena susah dijangkau,” tukasnya.
Itu pun seandainya di bagian itu karat sampai menyebabkan pelatnya bolong, tak ada cara lain selain belek (potong) pegangan knalpot tersebut. Baru kemudian dilas atau diganti pelatnya bila karatnya sudah terlalu parah.
Setelah diampelas, lapisi dengan cat temperatur tinggi
Trus bagaimana cara mengantisipasi agar karat tidak tidak mengganas? “Untuk knalpot standar, jika leher, pipa dan badan silencer sudah mulai berwarna coklat kemerah-merahan, sebaiknya segera lepas knalpot,” saran Ai.
Kemudian kerik atau ampelas permukaan yang terserang karat. Lalu bersihkan, setelah itu cat pakai cat temperatur tinggi. “Cat model ini sudah banyak kok dijual di pasaran,” tutupnya. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar