Selasa, 17 Desember 2013

Tips Menciptakan game outbound






Disini saya akan berbagi pengalaman mengenai menciptakan sebuah permainan outbound.
langkah pertama yang harus kita persiapkan rubah pola pikir atau mindset kita dengan cara kita berfikir bisa maka otak kita akan menggerakkan seluruh anggota tubuh kita untuk bagaimana kita bisa membuat sesuatu yang bisa kita ciptakan sendiri.
langkah kedua yaitu amati, kita bisa mengamati game/permainan yang sudah ada, kita observasi permainan tersebut itu fungsinya apa? peralatannya apa saja? menariknya dimana? tantangannya dimana? tingkat kesulitannya apa? bagaimana solusinya dalam meyelesaikan permainan tersebut, value/nilai apa yang bisa diambil dari permainan tersebut.
Langkah ketiga yaitu tiru, kita tiru permainan tersebut tetapi jangan kita tiru semua kita hanya meniru 10% dari permainan tersebut, 90% murni dari pemikiran kita, yang paling penting kita tiru itu teknis permainannya untuk alatnya kita bisa ganti dengan peralatan yang lain.
Langkah keempat kita modifikasi, kita tambahin dari hasil meniru 10% tadi dan 90% kita modifikasi. untuk ide biasanya kami dapatkan dari bongkar gudang yang ada di kantor disana terdapat beberapa peralatan permainan yang sudah ada terus kita kembangkan menjadi permainan yang baru.
langkah kelima yaitu tulis dan gambar, kita tulis dan gambar bagaimana kita membuat konsep sebuah game/ permainan, dengan mencorat coret di kertas maka sebelum praktek kita sudah mendapatkan gambaran teorinya, apa nama gamenya, peralatan apa yang dibutuhkan, bagaimana teknis dan  cara memainkan gamenya, bagaimana tingkat kesulitannya berhubungan dengan batas waktunya, apa inside yang bisa diambil dari permainan tersebut
langkah keenam uji gamenya, kita rancang dan kita uji gamenya untuk mengetahui layak tidaknya game tersebut untuk dimainkan atau tidak.
langkah ketujuh tulis manual gamenya agar kita hafal dan menguasai permainan tersebut. nama game, batas waktu permainan, nilai keberhasilan, cara permainan, kondisi permainan, peralatan apa saja yang dibutuhkan dan yang paling penting tujuan memainkan game tersebut itu apa? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar